Menciptakan Karya Seni Rupa yang Berdampak pada Lingkungan Sekitar
Panduan
- Sebagai siswa kelas 11 SMA, kalian akan membentuk kelompok untuk menciptakan karya seni yang memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.
- Karya seni yang akan dibuat harus memperhatikan aspek estetika, fungsi, dan dampaknya terhadap lingkungan.
- Pastikan karya seninya asli dan bukan plagiat.
Pengamatan
- Mengamati lingkungan sekitar yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari, seperti tempat tinggal, sekolah, atau tempat rekreasi.
- Identifikasi permasalahan lingkungan yang dihadapi masyarakat sekitar, seperti polusi, penggunaan energi yang tidak efisien, atau bencana alam.
- Tuliskan gagasan awal tentang bagaimana karya seni dapat membantu memecahkan masalah lingkungan.
Langkah Kegiatan
Langkah | Keterangan | Waktu |
---|---|---|
1 | Kelompok diskusi | 10 menit |
Diskusikan dengan anggota kelompok mengenai ide awal karya seni rupa yang berdampak positif terhadap lingkungan. | ||
2 | Bertukar pikiran | 15 menit |
Lakukan brainstorming untuk mengembangkan ide awal menjadi konsep karya seni yang lebih spesifik. | ||
3 | Rencana kerja | 20 menit |
Membuat rencana suatu karya seni yang mempertimbangkan aspek estetika, fungsi, dan dampaknya terhadap lingkungan. | ||
4 | Presentasi | 10 menit |
Presentasikan proyek seni tersebut kepada kelompok lain dan guru. |
Pertanyaan Menantang untuk Diskusi Kelompok
- Bagaimana karya seni dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan?
- Bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat karya seni ramah lingkungan?
- Bagaimana karya seni dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan?
- Siapa saja yang dapat terlibat dalam proses penciptaan karya seni yang berdampak positif terhadap lingkungan?
Tugas
- Menciptakan karya seni yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar.
- Dokumentasikan proses penciptaan suatu karya seni dalam bentuk foto atau video.
- Menulis laporan tentang karya seni yang dibuat, meliputi konsep, bahan yang digunakan, dan dampaknya terhadap lingkungan.
Kriteria evaluasi
- Orisinalitas dan kreativitas karya seni
- Relevansi karya seni rupa dengan permasalahan lingkungan hidup
- Pencegahan dan penyelesaian permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi masyarakat sekitar
Kemampuan kelompok untuk berkolaborasi dan berkomunikasi secara efektif
0 komentar: