Tujuan Pembelajaran
dan Indikator Ketuntasan: Menciptakan Karya Seni Rupa yang Berdampak Bagi
Lingkungan Sekitar (SMA Kelas XI)
Tujuan Pembelajaran
No. |
Tujuan
Pembelajaran |
Indikator
Ketuntasan |
1. |
Menghayati
pentingnya pelestarian lingkungan melalui karya seni rupa |
• Mengidentifikasi
unsur-unsur lingkungan yang dapat diwakili dalam karya seni rupa |
2. |
Menerapkan konsep
seni rupa yang berdampak pada lingkungan sekitar |
• Menggambar sketsa
karya seni rupa yang berdampak pada lingkungan sekitar |
3. |
Mengembangkan karya
seni rupa yang berorientasi pada pelestarian lingkungan |
• Menghasilkan karya
seni rupa yang berorientasi pada pelestarian lingkungan |
4. |
Menguji karya seni
rupa yang berdampak pada lingkungan sekitar |
• Menguji karya seni
rupa dari segi estetika dan kesesuaian dengan tema pelestarian lingkungan |
Catatan:
- Tujuan Pembelajaran 1-4 dapat dipenuhi
secara bersamaan atau secara terpisah, tergantung pada kebutuhan dan
tujuan pembelajaran yang spesifik.
- Indikator Ketuntasan dapat dijabarkan
lebih lanjut menjadi sub-indikator yang lebih spesifik dan dapat diukur.
Tujuan Pembelajaran
dan Indikator Ketuntasan: Apresiasi Seni Rupa (SMA Kelas XI)
Tujuan Pembelajaran
No. |
Tujuan
Pembelajaran |
Indikator
Ketuntasan |
1. |
Mengenal dan
menghayati unsur-unsur seni rupa |
• Mengidentifikasi
unsur-unsur seni rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, ruang) |
2. |
Menganalisis dan
menilai karya seni rupa |
• Mengidentifikasi
gaya dan aliran seni rupa dalam karya seni |
3. |
Menghargai dan
mengapresiasi karya seni rupa |
• Menghargai
nilai-nilai estetika dan budaya dalam karya seni rupa |
4. |
Mengkritisi karya
seni rupa dari segi teknik dan estetika |
• Mengkritisi karya
seni rupa dari segi teknik dan kemampuan Artistik |
5. |
Mengembangkan
apresiasi seni rupa dalam kehidupan sehari-hari |
• Mengidentifikasi
contoh-contoh seni rupa dalam kehidupan sehari-hari |
Catatan:
- Tujuan Pembelajaran 1-5 dapat dipenuhi
secara bersamaan atau secara terpisah, tergantung pada kebutuhan dan
tujuan pembelajaran yang spesifik.
- Indikator Ketuntasan dapat dijabarkan
lebih lanjut menjadi sub-indikator yang lebih spesifik dan dapat diukur.
Tujuan Pembelajaran
dan Indikator Ketuntasan: Membuat Karya Seni Rupa (SMA Kelas XI)
Tujuan Pembelajaran
No. |
Tujuan
Pembelajaran |
Indikator
Ketuntasan |
1. |
Mengembangkan
gagasan dan konsep karya seni rupa |
• Mengidentifikasi
tema dan gagasan karya seni rupa |
2. |
Mengaplikasikan
unsur-unsur seni rupa dalam karya |
• Menggunakan
unsur-unsur seni rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, ruang) dalam karya |
3. |
Menguasai teknik dan
media seni rupa |
• Menggunakan teknik
dan media seni rupa (lukis, gambar, patung, grafis) dengan baik |
4. |
Menghasilkan karya
seni rupa yang orisinal dan kreatif |
• Menghasilkan karya
seni rupa yang orisinal dan kreatif |
5. |
Mengkritisi dan
menyajikan karya seni rupa |
• Mengkritisi karya
seni rupa dari segi teknik dan estetika |
Catatan:
- Tujuan Pembelajaran 1-5 dapat dipenuhi
secara bersamaan atau secara terpisah, tergantung pada kebutuhan dan
tujuan pembelajaran yang spesifik.
- Indikator Ketuntasan dapat dijabarkan
lebih lanjut menjadi sub-indikator yang lebih spesifik dan dapat diukur.
Tujuan Pembelajaran
dan Indikator Ketuntasan: Membuat Karya Ekspresi Personal (SMA Kelas XI)
Tujuan Pembelajaran
No. |
Tujuan
Pembelajaran |
Indikator
Ketuntasan |
1. |
Mengembangkan
gagasan dan konsep karya ekspresi personal |
• Mengidentifikasi
tema atau ide yang terkait dengan pengalaman pribadi |
2. |
Mengaplikasikan
unsur-unsur seni rupa dalam karya ekspresi personal |
• Menggunakan
unsur-unsur seni rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, ruang) untuk
mengkomunikasikan ide dan perasaan |
3. |
Menguasai teknik dan
media seni rupa untuk mengkomunikasikan ide |
• Menggunakan teknik
dan media seni rupa (lukis, gambar, patung, grafis) untuk mengkomunikasikan
ide dan perasaan |
4. |
Menghasilkan karya
ekspresi personal yang orisinal dan kreatif |
• Menghasilkan karya
ekspresi personal yang orisinal dan kreatif |
5. |
Mengkritisi dan
menyajikan karya ekspresi personal |
• Mengkritisi karya
ekspresi personal dari segi teknik dan estetika |
Catatan:
- Tujuan Pembelajaran 1-5 dapat dipenuhi
secara bersamaan atau secara terpisah, tergantung pada kebutuhan dan
tujuan pembelajaran yang spesifik.
- Indikator Ketuntasan dapat dijabarkan
lebih lanjut menjadi sub-indikator yang lebih spesifik dan dapat diukur.
Tujuan Pembelajaran
dan Indikator Ketuntasan: Ilustrasi Deskriptif (SMA Kelas XI)
Tujuan Pembelajaran
No. |
Tujuan
Pembelajaran |
Indikator
Ketuntasan |
1. |
Mengembangkan
gagasan dan konsep ilustrasi deskriptif |
• Mengidentifikasi
tema atau subjek yang akan diilustrasikan |
2. |
Mengaplikasikan
unsur-unsur seni rupa dalam ilustrasi deskriptif |
• Menggunakan
unsur-unsur seni rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, ruang) untuk
menggambarkan subjek |
3. |
Menguasai teknik dan
media seni rupa untuk menggambar subjek |
• Menggunakan teknik
dan media seni rupa (lukis, gambar, patung, grafis) untuk menggambar subjek |
4. |
Menghasilkan
ilustrasi deskriptif yang akurat dan detail |
• Menghasilkan
ilustrasi deskriptif yang akurat dan detail |
5. |
Mengkritisi dan
menyajikan ilustrasi deskriptif |
• Mengkritisi
ilustrasi deskriptif dari segi teknik dan estetika |
Catatan:
- Tujuan Pembelajaran 1-5 dapat dipenuhi
secara bersamaan atau secara terpisah, tergantung pada kebutuhan dan
tujuan pembelajaran yang spesifik.
- Indikator Ketuntasan dapat dijabarkan
lebih lanjut menjadi sub-indikator yang lebih spesifik dan dapat diukur.
0 komentar: